Wednesday 13 January 2016

7 Nutrisi Penting Untuk Pertumbuhan Anak

Saidalesha - Membiasakan konsumsi makanan sehat sejak dini punya pengaruh terhadap kesehatan jangka panjang. Tentuya sebagai orangtua Kita tidak ingin memberi makanan sembarangan pada anak Kita. Berikut ini adalah tujuh nutrisi penting dan sumber makanan terbaik agar tumbuh kembangnya.

Nutrisi Pertumbuhan Anak

Nutrisi Pertumbuhan Anak


1. Protein
Protein dibutuhkan tubuh anak agar membangun sel, merubah makanan menjadi energi, mencegah anak terserang infeksi penyakit. Apakah makanan yang banyak protein yang biasa Kita berikan? susu, telur, ikan, Daging tanpa lemak kedelai dan kacang contoh sumber protein yang bagus untuk si Kecil.

2. Karbohidrat
Memberikan asupan karbohidrat cukup kepada anak dikarenakan nutrisi tersebut penting karena sebagai sumber energi anak. Roti putih dan Nasi adalah contoh karbohidrat. Karbohidrat jenis ini memiliki kadar gula tinggi, ketika dicerna bisa menjadi energi dengan cepat dan menaikkan kadar gula darah. Lebih baik memberikan karbohidrat kompleks banyak serat seperti nasi dari beras merah, kentang rebus, roti gandum, bubur oatmeal, sereal gandum,.

3. Lemak
Lemak adalah sumber energi yang bagus untuk anak namun pilihlah sumber lemak yang sehat. Seperti kacang , ikan, daging, dan minyak nabati.

4. Kalsium
Untuk mendapatkan gigi dan tulang yang sehat, asupan kalsium wajib dipenuhi. Kalsium juga diperlukan otot, saraf dan jantung. Sumber kalsium bisa diperoleh dari yohgurt, es krim, susu, keju, dan sayuran hijau gelap.

5. Zat besi
Zat besi diperlukan tubuh untuk memproduksi mioglobin dan hemoglobin. Makanan yang mengandung zat besi seperti hati, daging unggas, daging merah, bayam, kacang dan oat.

6. Serat
Meskipun posisi di akhir, jangan lupa agar memberikan makanan kaya serat pada si Kecil. Serat membantu usus bekerja lebih baik dan menghilangkan penyakit jantung dan kanker di masa depan. Makanan berserat diantaranya jagung, buah dan sayur, lentil, dan kacang.

7. Folat
Tidak cuma ibu hamil yang membutuhkan, anak-anak juga membutuhkan supaya membantu pertumbuhan fungsi sel anak yang sehat. Makanan kaya folat bisa diperoleh dari lentil, , sayuran hijau berwarna gelap seperti brokoli bayam dan kacang-kacangan.

7 Nutrisi Penting Untuk Pertumbuhan Anak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown
 

Top