Sunday 10 January 2016

4 Kebiasaan Buruk Yang Sering Dilakukan di Pagi Hari

Saidalesha - Saat pagi hari ternyata kebiasaan yang kita kira baik ternyata ada juga yang sebenarnya kurang bagus, meskipun kami rasa ini masih kontroversi, oleh karena itu baca artikel kebiasaan buruk yang sering dilakukan di pagi hari ini secara seksama. Merokok dengan bersanding secangkir kopi sudah menjadi kultur setiap pagi. tetapi siapa kira, kebiasaan seperti itu dapat merusak kesehatan dan lebih berisiko tinggi terserang penyakit. Penasaran, apa saja? Simak penjelasannya berikut ini.

Kebiasaan Buruk di Pagi Hari

1. Minum Kopi
Minum kopi saat pagi hari ternyata dapat menaikkan stres. Sebuah penelitian di Amerika mencatat, kadar kortisol meningkat pada jam 8-9 pagi. Di antara waktu itu, asupan kafein dapat meningkatkan berbagai macam penyakit.

2. Sikat Gigi
Prof. Dr. drg. Melanie S. Djamil, dari MBiomed FICD Lab BioCORE dari Fakultas Kedokteran Gigi Trisakti menjelaskan, kesalahan yang terbanyak dilakukan keluarga Indonesia ialah menyikat gigi sesudah bangun tidur.

3. Olahraga
Ini yang paling menarik. Banyak orang mengira, olahraga paling bagus dijalankan di pagi hari karena oksigen yang belum tercemar polusi. Tapi menurut Asisten profesor kedokteran di Albany Medical College di New York, Dr Boris Medarov, paru-paru manusia 20 % lebih kuat pada saat pukul 5 sore daripada di siang hari. Sedangkan kekuatan otot idealnya antara jam 2 – jam 4 sore.

4. Merokok
Para peneliti di The Pennsylvania State University menemukan tingginya kandungan NNAL, zat dihasilkan saat tembakau masuk ke dalam tubuh. Terdapat dua penelitian saat itu. Penelitian pertama yaitu 4.775 pasien kanker paru terlibat dan 2.835 perokok lain yang tak mempunyai kanker paru-paru. Mereka yang merokok 30 menit sesudah bangun tidur berisiko 1,79 kali lebih tinggi mengalami  kanker paru-paru daripada yang menunggu lebih dari 60 menit. Disamping itu, orang yang merokok 31-60 menit sesudah bangun pagi mempunyai resiko 1,31 kali daripada mereka yang menunggu satu jam.

Penelitian kedua mengundang 1.055 orang yang kanker otak dan leher dan 795 orang merokok tapi tidak mengalami kanker otak dan leher. Mereka merokok dalam waktu 30 menit ketika bangun beresiko 1,59 kali menderita kanker otak dan leher daripada dengan mereka yang menunggu satu jam. Ada pula resiko perokok yang merokok 31-60 menit sesudah bangun 1,42 kali lebih tinggi dari pada perokok lain. Itulah Kebiasaan-kebiasaan buruk yang sering dilakukan oleh banyak orang saat pagi hari, mungkin kamu sendiri sering melakukan salah satu kebiasaan buruk diatas. Semoga mulai sekarang, kebiasaan buruk itu bisa kamu hindari agar hidup lebih sehat.

4 Kebiasaan Buruk Yang Sering Dilakukan di Pagi Hari Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown
 

Top