Friday 15 January 2016

9 Kebiasaan Yang Merugikan Kesehatan di Rumah

Saidalesha - Tanpa disadari apa yang Anda lakukan di rumah dan lingkungan berdampak besar bagi kesehatan. Kebiasaan tampaknya sepele seperti membiarkan lampu menyala sepanjang tidur di malam hari, atau mengecat dinding dengan warna orange. Kebiasaan yang remeh berdampak buat kesehatan. Berikut inilah penjelasan 9 kebiasaan yang merugikan kesehatan.

Kebiasaan Yang Merugikan Kesehatan

Kebiasaan Yang Merugikan Kesehatan


1. Lampu menyala
Sebaiknya Anda mematikan lampu saat tidur malam. Lampu menyala ketika tidur membuat sistem tubuh menjadi bingung, sehingga mengganggu fungsi kerja tubuh. Akibatnya, produksi hormon menjadi terganggu dan dapat menimbulkan masalah kesehatan seperti obesitas, diabetesmelitus, dan juga kanker.

2. Cat dinding
Jika cat dinding rumah berwarna oranye ataupun merah, sebaiknya ganti dengan warna lain. Pasalnya, warna itu dapat membuat stres dan rasa takut berlebihan. Warna terang mampu menstimulasi otak dan membuat kita makan lebih cepat.

3. Televisi besar
Menyesuaikan besarnya televisi Anda dengan jarak sofa. Jika memiliki televisi 32 inci, berilah jarak dari TV ke sofa sekitar 120 cm. Jika jarak terlalu dekat antara sofa dan TV dapat menimbulkan gangguan pada mata dan sakit kepala.

4. Lingkungan bising
Tinggal di lingkungan yang bising dan juga penuh dengan polusi dapat menyebabkan tekanan darah tinggi.

5. PepohonanMenurut penelitian yang dilakukan Exeter University, pepohonan di sepanjang jalan rumah Anda dapat mengurangi resiko depresi. Selain itu juga, tanaman di rumah juga membantu mengurangi rasa takut.

6. Gorden kamarGorden kamar tipis jadi sinar lampu jalan mampu menembus kamar dapat menyebabkan obesitas penghuni kamar.

7. TetanggaTetangga yang menyenangkan mampu mengurangi resiko penyakit, seperti serangan jantung. Demikian hasil penelitian The University of Michigan tahun 2014.

8. Pintu rumah
Jika Anda masuk dalam rumah melalui pintu dapur, Anda akan bermasalah dengan berat badan. Memasuki rumah melalui pintu dapur merangsang otak untuk cenderung suka makan, dan makan terus. 

9. Jemuran pakaianMenjemur pakaian dalam rumah membuat rumah menjadi lebih lembab. Kelembaban udara yang berasal dari pakaian basah menimbulkan infeksi, iritasi pernapasan, batuk, dan asma.

Itulah beberapa Kegiatan Yang Merugikan Kesehatan yang biasanya dilakukan oleh banyak orang ketika di rumah. Semoga 9 kebiasaan buruk yang berdampak pada kesehatan tersebut bisa kita hindari mulai sekarang demi menjaga kesehatan tubuh kita.

9 Kebiasaan Yang Merugikan Kesehatan di Rumah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown
 

Top